Kita Sedang Belajar Mengapresiasi Imajinasi

kolordwijo wien muldian

Rekan-rekan, dalam hitungan jam, kisah puisi berbuah serbet memenuhi halaman2 beragam sosial media, dan memunculkan beragam imajinasi yang mengikutinya. Pernah kah terlintas kalau ini terjadi, mungkin karena kekeliruan kita juga.

Pernah kah kesenangan kita akan puisi juga menjadi kebahagian banyak orang, yang kemudian menjadikan para pihak respek dan memahami bentuk2 apresiasi yang tepat dan positif?

Kegagalpahaman panitia lomba seni dan sastra di Banten ini berarti kegagalan kita juga mengenalkan puisi sebagai karya cita rasa dan estetika kepada banyak khalayak.

Jangan buat tak berkutik rombongan panitia dengan runtutan pertanyaan dan tuduhan. Coba lah rangkul mereka, berikan mereka kesempatan bersama kita untuk mengapresiasi puisi, dalam bentuk menuliskan dan membacakannya dengan puitis.

Kenalkan mereka beragam kosa kata yang penuh makna dan bahagia. Ajak mereka masuk dan memahami dunia fiksi, dan kemudian sastra, dengan sekian banyak buku baik yang menjadi karya dan koleksi kita.

Yuk mulai sekarang ajak siapa pun mengapresiasi karya seni, sastra dan produk budaya lainnya dengan kesungguhan yang kemudian menjadikan hidup kita lebih bermakna.

Setiap kita pasti nya mengapresiasi karya cipta, peristiwa dan prestasi dengan berbeda-beda. Jangan lah dipertentangkan, tapi mulai lah belajar bersama dan saling memahami bahwa imajinasi itu memerdekakan…

Meruya, 3 Mei 2018. 12:34 am

~Wien Muldian
pembaca pustaka & pegiat literasi

https://www.bantennews.co.id/miris-pemenang-lomba-baca-puisi-hardiknas-pemprov-banten-cuma-dapat-serbet/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.